Kamis, 20 Agustus 2009

Internet Protocol (IP)

Internet Protocol dikembangkan pertama kali oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1970 sebagai awal dari usaha untuk mengembangkan protokol yang dapat melakukan interkoneksi berbagai jaringan komputer yang terpisah, yang masing-masing jaringan tersebut menggunakan teknologi yang berbeda. Protokol utama yang dihasilkan proyek ini adalah Internet Protocol (IP). Riset yang sama dikembangkan pula yaitu beberapa protokol level tinggi yang didesain dapat bekerja dengan IP. Yang paling penting dari proyek tersebut adalah Transmission Control Protocol (TCP), dan semua grup protocol diganti dengan TCP/IP suite. Pertamakali TCP/IP diterapkan di ARPANET, dan mulai berkembang setelah Universitas California di Berkeley mulai menggunakan TCP/IP dengan sistem operasi UNIX. Selain Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) ini yang mengembangkan Internet Protocol, yang juga mengembangkan TCP/IP adalah Department of defense (DOD).

berikut merupakan beberapa pengertian dari internet protocol:

The Internet Protocol (IP) is the method or protocol by which data is sent from one computer to another on the Internet. Each computer (known as a host) on the Internet has at least one IP address that uniquely identifies it from all other computers on the Internet.

IP specifies the format of packets, also called datagrams, and the addressing scheme. Most networks combine IP with a higher-level protocol called Transmission Control Protocol (TCP), which establishes a virtual connection between a destination and a source.

setiap nomor di internet mempunyai nomber identifikasi yang unik, yang disebut IP Address.

The IP stands for Internet Protocol, which is the language that computers use to communicate over the Internet. A protocol is the pre-defined way that someone who wants to use a service talks with that service. The "someone" could be a person, but more often it is a computer program like a Web browser.

berikut adalah contoh IP address:

216.27.61.137

Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP. Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981, tetapi akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang.

Protokol IP merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP. Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya. Metode yang digunakannya adalah connectionless yang berarti ia tidak perlu membuat dan memelihara sebuah sesi koneksi. Selain itu, protokol ini juga tidak menjamin penyampaian data, tapi hal ini diserahkan kepada protokol pada lapisan yang lebih tinggi (lapisan transport dalam OSI Reference Model atau lapisan antar host dalam DARPA Reference Model), yakni protokol Transmission Control Protocol (TCP).

daftar pustaka

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Internet
2. http://searchunifiedcommunications.techtarget.com/sDefinition
3. http://www.webopedia.com/TERM/I/IP.html
4. http://www.ietf.org/rfc/rfc791.txt
5. http://www.total.or.id/info.php?kk=Internet%20Protocol
6. http://www.cisco.com/web/about/ac123/ac147/about_cisco_the_internet_protocol_journal.html
7. http://www.iana.org/assignments/protocol-numbers/
8. http://playground.sun.com/ipv6/ipng-main.html
9. http://www.erg.abdn.ac.uk/users/gorry/eg3567/inet-pages/ip.html
10.http://support.microsoft.com/kb/299357
11.http://www.fcc.gov/voip/
12.http://www.networksorcery.com/enp/protocol/ip.htm
13.http://www.circleid.com/topics/internet_protocol
14.http://computer.howstuffworks.com/internet-infrastructure5.htm
15.http://www.livinginternet.com/i/ii_tcpip.htm
16.http://www.faqs.org/rfcs/rfc2460.html
17.http://www.answers.com/topic/internet-protocol
18.http://www.w3schools.com/tcpip/tcpip_intro.asp
19.http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Internet+Protocol
20.http://www.webopedia.com/TERM/T/TCP_IP.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar